Giat Rampak Bedug, Festival Budaya Tahunan Warga Desa Tridayasakti

Bekasi, News Pro Rakyat.id – Festival rampak bedug merupakan kegiatan rutin tahunan yang di selenggarakan oleh pihak Desa Tridayasakti Kecamatan Tambun Selatan pasca Idul Fitri,yang acara ini selalu dinanti warga dan dihadiri ribuan masyarakat dari masing-masing RT/RW dan Kadus yang ada diwilayah setempat.

Kepala Desa Tridayasakti Suwardi Wada,S.E mengatakan, seni budaya rampak bedug merupakan kegiatan rutinitas tahunan yang diselenggarakan oleh pihak Desa Tridayasakti

“Ini sudah menjadi salah satu tradisi budaya dan bisa sebagai hiburan bagi masyarakat Desa kami, juga banyak faedah dari segi nilai positifnya, seperti menanamkan keguyuban, kekompakan, mempererat jalinan tali silaturahmi dan persaudaraan,” jelas Wardi. Minggu (08/05/2022).

Di tambahkan salah satu panitia Endang mengungkapkan,kegiatan festival ini dilaksanakan dua hari sabtu dan minggu dengan peserta dari enam RW

“Seluruh peserta merupakan warga Desa Tridayasakti, festival ini juga dijadikan momentum agar seluruh masyarakat tetap mempertahankan kebudayaan setempat agar tidak punah”.

Lanjutnya Endang, dalam penilaian festival rampak beduk tersebut untuk menjadi juara, mempunyai kreteria tertentu dalam penilaian diantaranya, dekorasi beduk, kekompakan, lagam keindahan dalam memainkan beduk, kostum, penyanyi, seporter dan lain sebagainya.

Adapun hadiah yang diterima dan sekaligus pemenangnya yaitu:

  • Juara 1 piala + uang pembinaan Rp 4jt yang diterima oleh RW 05.
  • Juara 2 piala + uang pembinaan Rp 3jt yang diterima oleh RW 04.
  • Juara 3 piala + uang pembinaan Rp 2jt yang di terima oleh RW 03.

Tidak hanya itu, Juara harapan 1 2 3 masing – masing dpt uang pembinaanRp 1,5 jt,”. Ungkap Endang.(Dika)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.