Festival Seni Qosidah Desa Lubangbuaya Dapat Diharapkan Menjaring Bibit Berprestasi

IMG 20220128 WA0021 compress60

Bekasi, Pro Rakyat.id – Pemerintah Desa Lubangbuaya menggelar kegiatan festival seni qasidah tingkat desa, di Yayasan Al-Muftakhir, Desa Lubangbuaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Kamis (27/1/2021).

Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang merupakan perwakilan dari setiap RW di wilayah Desa Lubangbuaya.

“Setiap RW mengirimkan group qasidahnya di ajang festival ini. Dari 19 RW hanya 13 RW yang mengirimkan perwakilan. Sisanya terkendala lantaran tim qasidahnya tidak lengkap karena anggota timnya ada yang bukan ber-KTP Desa Lubangbuaya,” kata Bang Yosep, sapaan akrab Maulana Yusup selaku Kepala Desa Lubangbuaya, usai kegiatan. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan dan sudah dua kali dilaksanakan. “Harusnya ini sudah tahun ketiga, tapi tahun lalu ditiadakan karena adanya pandemi Covid-19,” terangnya.

Dia juga mengatakan, qasidah merupakan seni dan budaya Islam yang harus dilestarikan. “Saya mengapresiasi ibu-ibu majelis taklim yang handal dalam qasidah. Tapi sayangnya mereka belum ditampilkan dalam perlombaan. Nah karena itu, saya berinisiatif mangadakan festival seni qosidah yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Jika nantinya ada undangan dari pihak pemda, kecamatan, atau desa lainnya, maka akan kita tampilkan tim terbaik yang kita punya,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Bang Yosep, kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi antar group-group qasidah di wilayah Desa Lubangbuaya.

Adapun sebagai juara pertama festival seni qasidah tingkat Desa Lubangbuaya tahun ini yaitu perwakilan RW 18, sedangkan juara kedua RW 03, dan juara ketiga RW 02, serta juara harapan pertama yakni RW 15. “Semoga ke depan yang belum mendaftar, bisa ikut  mendaftar dan mudah-mudahan akan muncul bibit-bibit yang lebih baik,” harap Bang Yosep.(Dika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.