DPW KPLHI Bekasi Raya, Bersama Ormas Bersihkan Kali dan Lakukan Penanaman Pohon di Rawa Palangan, Memperingati HMPI 2021

IMG 20211129 WA0043 compress32

Kabupaten Bekasi, News Pro Rakyat – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) Bekasi Raya, dalam rabgka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2021, melakukan penanaman ratusan pohon Mahoni di bantaran Kali Rawa Palangan, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Minggu (28/11/2021).

Penanaman pohon tersebut disaksikan perwakilan Polsek dan Koramil Cikarang Barat, aparatur Pemerintahan Kecamatan Cikarang Barat, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Ormas Pemuda Pancasila, Forum Betawi Rembug (FBR), Satria Banten, serta Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan

“Pada peringatan HMPI 2021 ini, kami bersama kawan kawan ormas mengagendakan giat lingkungan dengan menanam ratusan pohon mahoni dan bersih bersih kali Rawa Palangan,” Kata Ketua DPW KPLHI Bekasi Raya, H.Yana Triyana, Minggu (28/11).

Dikatakan H.Yana Triyana, sesuai dengan amanat UU No 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup.

Lebih jauh H.Yana Triyana menjelaskan dalam menyongsong masa depan kehidupan bangsa dan negara untuk penataan lingkungan hidup sebagai bentuk dasar ketahanan sosial, budaya, ekonomi, hukum dan nilai-nilai estetika berdasarkan Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

” Namun hal ini memerlukan perhatian khusus dari seluruh kekuatan bangsa. Bangsa Indonesia yang sedang menata masa depan menuju bangsa yang sehat jasmani dan rohani, berwawasan lingkungan hidup berkelanjutan sebagaimana termaktub dalam amanat Undang-Undang Dasar 1945 yaitu : Tanah, Air dan Udara di kuasai oleh negara untuk kemakmuran rakyatnya,” kata H.Yana Triyana.

Menurutnya , semangat dan jiwa yang telah hidup di dalam kehidupan bermasyarakat mengenai penataan lingkungan yang ramah dan sehat, adalah semangat dan jiwa Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) yang merupakan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat yang berperan sebagai fungsi kontrol sosial terhadap segala kebijakan dan permasalahan hukum lingkungan hidup.

“Kita ingin ada perhatian dari pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk menunjang program lingkungan Komite Peduli Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI),” ujar H.Yana Triyana.

Dengan begitu, H. Yana Triyana, optimis, warga penghuni bantaran sungai dapat hidup bersih dan sehat. Selain itu, dia juga berharap penataan bangunan di bantaran sungai dapat dilakukan lebih manusiawi tanpa harus ada penggusuran.

“Mereka sudah lama, bahkan sudah puluhan tahun tinggal di bantaran sungai tersebut,” terangnya.

Di samping itu, dia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak terkait yang telah mendukung kegiatan penanaman pohon dan bersih-bersih di sepanjang aliran Kali Rawa Palangan.

“Kami juga berterima kasih kepada H Wawan Budiawan selaku komisaris PT Mukti Mandiri Lestari yang mana perusahaan ini menjadi sponsor utama kegiatan kami hari ini,” ucap Yana Triyana.

IMG 20211129 WA0044

Sementara itu, Ketua Korcam KPLHI Cikarang Barat, Suseno mengatakan, sependapat dengan program- program KPLHI Bekasi Raya dalam rangka menjaga pelestarian lingkungan alam, seperti bersih bersih kali dan juga penanaman pohon.

” Harapan kami, kedepan sinergitas antara penggiat lingkungan dan ormas dalam pelestarian alam terus terbangun dan berkesinambungan,” Kata Suseno.

Kegiatan ‘Kerja Bareng’ antara ormas dan penggiat lingkungan hidup dilaksanakan sejak tanggal 17 November lalu, dengan diawali aksi bersih-bersih di sepanjang aliran sungai yang dimulai dari Kampung Warung Sengon hingga jembatan Rawa Palangan.

Dia memastikan, kegiatan sosial ini akan terus berlanjut hingga tercipta Kali Rawa Palangan yang bersih dan terjaga kelestariannya.

“Kami ingin sungai ini kembali bagus dan rapih seperti dulu lagi,” ungkapnya.

Suseno juga mengajak warga setempat untuk ikut menjaga kebersihan Kali Rawa Palangan.

“Tanpa kesadaran warga hal itu akan sulit dilakukan. Karena itu, kami senantiasa menekankan kepada warga betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Suseno. (Dodo).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.