Kenali Efek Samping Vaksin Covid-19 Moderna

moderna 1

Jakarta, Prorakyat Indonesia — Vaksin Covid-19 Moderna mulai didistribusikan ke masyarakat umum setelah sebelumnya hanya diberikan ke tenaga kesehatan (nakes) Indonesia sebagai booster atau dosis ketiga. Berikut efek samping vaksin Moderna.

Vaksin Moderna yang diciptakan berbasis pada mRNA, merupakan vaksin yang dibuat dengan spike atau protein yang ada di permukaan virus Covid-19. Oleh karena itu, saat vaksin ini disuntikkan sel-sel di tubuh akan langsung bekerja untuk mengenali spike tersebut. Dengan kata lain, produksi antibodi akan lebih cepat dilakukan.

sementara. Setelah beberapa hari hilang. Jangan lupa penyakit Covid-19 malah menyebabkan myocarditis yang lebih lama,” papar Ines lebih lanjut. Sementara, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan efek samping vaksin Moderna bisa berupa nyeri otot hingga sakit kepala. Kelelahan juga dapat dirasakan seseorang yang disuntik vaksin Moderna.

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito mengatakan efek samping seperti itu masih bisa ditoleransi. Efek samping pun umumnya baru terasa usai penyuntikan kedua.

“Gejalanya masih bisa ditoleransi. Kejadian paling sering itu nyeri, kelelahan, nyeri di tempat suntik, sakit kepala, nyeri otot sendi,” kata Penny, Juli lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.